Pengalaman Kerja Sebagai Pembantu Farmasi

Pengalaman Kerja Sebagai Pembantu Farmasi

Berikut pengalaman kerja sebagai pembantu farmasi. Pada bidang kefarmasian ada beberapa jenis pekerjaan yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah terkait pembantu farmasi yang memiliki peranan cukup penting. Kamu bisa mengetahui pengalaman bekerja sebagai seorang pembantu farmasi dan bagaimana gambarannya dibawah ini

Pengalaman Kerja Sebagai Pembantu Farmasi

Bagi yang bekerja dalam bidang kefarmasian pastinya sudah tidak asing dengan salah satu profesi ini. Namun bagi masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahuinya secara mendalam. Maka dari itu pastikan kamu memperhatikan definisi profesi tersebut terlebih dahulu.

Umumnya pembantu farmasi juga memiliki beberapa nama lain. Mulai dari pembantu farmasi, pembantu pelaksanaan farmasi, asisten apoteker dan lainnya. Pada intinya seorang pembantu farmasi tersebut merupakan tenaga yang bergerak di bawah apoteker.

Secara umum, pembantu farmasi akan membantu melaksanakan berbagai tugas yang erat kaitannya pada penyediaan layanan farmasi. Perannya sangatlah penting dalam menjaga kelancaran kerja maupun operasional di apotek tersebut.

Pengalaman kerja sebagai pembantu farmasi meliputi berbagai tugas serta tanggung jawab yang diberikan kepada kebutuhan obat, resep dan lain-lainnya. Seorang pembantu farmasi nantinya juga akan bekerja mengikuti jadwal apoteker. Dimana pembantu farmasi juga dapat bekerja secara shift atau sesuai ketentuan di lembaga kefarmasian tersebut.

Gambaran mengenai pengalaman bekerja sebagai pembantu farmasi ini dapat kamu ketahui dari apa saja tugas serta tangung jawabnya selama bekerja. Berikut informasi lengkapnya yang bisa kamu perhatikan:

1. Penerimaan Resep

Pertama seorang pembantu farmasi juga akan menerima resep dari pasien. Sehingga pembantu farmasi umumnya akan menjadi titik kontak pertama pasien yang membutuhkan obat mengenai resep dokternya.

Dalam hal ini pembantu farmasi akan menerima resep sekaligus melakukan verifikasi data diri dari pasien. Terutama sebelum melakukan penyerahan kepada apoteker untuk memastikan bahwa obat tersebut memang digunakan sebagaimana mestinya sesuai peruntukan resep tersebut.

2. Pengelolaan Inventaris

Pengalaman bekerja sebagai pembantu farmasi juga diberikan tanggung jawab terhadap inventaris barang dan obat-obatan. Sehingga pembantu farmasi nantinya akan bertugas dalam memantau stok obat maupun persediaan di apotek.

Tentunya selain dua tugas tersebut masih banyak sekali tanggung jawab dari seorang pembantu farmasi seperti tugas administrasi, pemberian informasi dasar, pelayanan dan lain sebagainya.

Itulah pengalaman bekerja sebagai pembantu farmasi yang bisa kamu ketahui. Info lebih lengkap mengenai farmasi bisa mengunjungi website pafitanggamusSemoga bermanfaat!