Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka

 Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Ada beberapa cara menyusun alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka yang bisa dipelajari disini.

Dikutip dari laman fredimalabali.comATP atau alur tujuan pembelajaran adalah alur yang disusun secara sistematis, linear dan logis sesuai urutan kegiatan pembelajaran.

Sedangkan kurikulum merdeka adalah kurikulum terbaru yang dibuat untuk mendukung  pembelajaran siswa Indonesia dengan model ajar kurikulum merdeka.

Dalam kurikulum merdeka, guru harus menyusun alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka. Berikut ini cara menyusun alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka.

Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka

1. Pertama, lakukan analisis capaian pembelajaran dengan beberapa materi dan kompetensi mulai dari keterampilan, sikap dan pengetahuan.

2. Kemudian, identifikasi setiap kompetensi agar bisa dikuasai murid atau peserta didik
Analisis juga perlu dilakukan di setiap elemen maupun sub elemen Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan materi pelajaran. Setidaknya ada 6 dimensi yang penting dipahami yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha, Esa dan berakhlak mulia, bergotong-royong, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

3. Selanjutnya pertimbangkan kompetensi yang akan dicapai untuk merumuskan tujuan pembelajaran. Tidak hanya kompetensi tapi juga variasi keterampilan berpikir dan pemahaman bermakna yang akan dipahami siswa.

4. Setelah merumuskan tujuan pembelajaran, selanjutnya menyusun tujuan tersebut dengan linear sesuai urutan kegiatan pembelajaran setiap hari.

5. Tentukan juga lingkupan materi dari setiap tujuan pembelajaran.

6. Berdasarkan TP yang sudah dirumuskan, tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan. Misalnya, TP untuk mencapai suatu kompetensi pengetahuan 120 menit, keterampilan 480, dan sikap 120 menit.

Itulah beberapa cara menyusun alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka. Selain alur tujuan pembelejaran, pastikan juga perangkat ajar lengkap agar siswa bisa mencapai capaian pembelajaran dengan maksimal. Semoga bermanfaat!